Kamis, 27 Agustus 2009

Yamaha Cup Race, Medan

Lebih dari Sekadar Balap

2772hal20_omryamaha_belo1.jpgSalah satu kota besar yang hingga saat ini belum memiliki sirkuit permanen di pulau Sumatera adalah Medan. Potensi pembalap dan atmosfir road race di Sumatra Utara ini, marak. Berderet agenda balap yang digelar tiap tahunnya. Sirkuit dadakan jadi ajang mereka untuk berburu prestasi.

Makanya Yamaha Cup Race (YCR) seri 5 di Medan, Sumut 8-9 Agustus 2009 lalu, dibikin ciamik. Lintasan yang dipilih Apron Kelapa Sawit TNI AU-Polonia, Medan. "Treknya berjarak 1,7 meter. Cocok untuk bebek. Skil pembalap bisa terasah. Ini bekal buat mereka bertarung di Grand Final Yamaha Cup Race," ujar Kisharyanto selaku Ketua Bidang Olahraga Pengprov IMI Sumut.2774hal20_omryamaha_belo3.jpg

Aspal landasannya mulus. Lahannya juga luas. Itu kelebihan sirkuit ini. Desainnya dibuat beberapa tipe sirkuit, menyesuikan kebutuhan. Khusus event YCR ini, trek dibuat high speed. Termasuk tikungan paraboliknya dilibas dengan teknik rolling speed. Iya, ditunjukkan dengan kecepatan tinggi. Apalagi, panitia didukung FR Action Events. Weleh, gaaaaas terus...

Pihak TNI AU yang memberi izin pada areal ini, juga kunci selanjutnya. "Kami selalu terbuka dan sangat mendukung kegiatan positif bagi generasi muda. Contoh road race ini," ujar Kolonel Penerbang HM. Tata Endra Taka selaku Komandan Lanud Polonia, Medan.

Yamaha sengaja cari lokasi yang ideal seperti di Bandara Polonia, Medan tersebut. “Jarang pembalap Sumut bermain di trek yang ideal buat balap. Trek ini cocok untuk melatih fisik, skil, mental dan menguji mesin Yamaha," ujar Ari Wibisono, selaku Manager Motorsport Departement, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

2773hal20_omryamaha_belo2.jpgKualitas sirkuit dan jalannya lomba dirasakan lebih dari 150 starter. Pelaga tidak hanya dari kawasan Sumut. Pembalap Aceh, Sabang, Riau hingga Sumbar ikut berpartisipasi. "Biasanya balap di trek dadakan dengan menutup jalan. Kami sudah rindu bermain di trek seperti ini," ujar Firman Farera dan Yogi Permana, keduanya pembalap asal Medan dari tim Ten Mild FDR Tan's Motor dan Team Yamaha Medan.

Hasilnya pertarungan sengit terjadi di tiap kelas. Lantaran juara satu dan dua tiap kelas bakal meendapat tiket untuk tampil di grand final YCR. "Persiapan motor matang dengan memboyong mekanik Jawa. Target saya di event ini juara, agar bisa tampil di final," ujar Firman Farera yang tahun ini baru ngegas Yamaha.

Perjuangan Firman yang tampil di dua kelas bergengsi MP 1 dan MP 2 tidak mudah. Perlawanan diberikan Ferlando pembalap asal Bengkulu dari tim Yamaha BAF IRC Eka Putra Kencana, Medan. "Meskipun YCR Medan bukan tiket saya menuju Grand Finial, namun saya tetap tampil maksimal," ujar Ferlando yang jatahnya di YCR Jambi.

Turun pada dua kelas yang sama tekanan-demi tekanan diberikan Ferlando ke pada Firman. Keduanya saling salip memimpin jalannya balap. "Trek yang panjang ini jadi lebih seru, pembalap harus jeli mengatur strategi," jelas Firman.

Race dua MP2 motor Firman melesat lebih dulu. Dengan jeli ia bisa menutup racing line Ferlando. Hanya dua kali Ferlando mampu melewati Firman. Namun dengan pengalaman berlaga, pembalap yang harusnya tahun ini terjun di ajang IndoPrix menyudahi tekanan Ferlando dengan menjadi yang terdepan. "Sayang lap terakhir knalpot motor retak jadi tidak bisa lagi membayangi Firman," ujar Ferlando.

Sial saat bertarung di race kedua kelas MP 1 saat 4 lap menjelang finish motor Firman mengalami masalah, timing pengapian motor berubah. "Mesin jadi tidak maksimal, untungnya saya meninggalkan jauh pembalap di belakang saya dan bisa tetap menjaga pada posisi 2," ujarnya.

Sementara, MP 3 dan MP 4 Faisal Rezha, pembalap berbendera Yamaha Sumber Rezeki FDR BAF tampil prima. Mulai dari sesi penyisihan sampai babak final pembalap muda asal Pekanbaru ini selalu memimpin. Dia meninggalkan Dhany Rahmadany pembalap medan dari tim Yamaha Andra TDR Rextor FDR Ahau Racing Team yang hanya mampu bertengger di tempat ketiga. "Saya terbiasa main di t rek seperti ini dan sedikit sudah memahami karakter motor. Makanya enggak mengalami masalah mesin," jelas Faisal Reza.

Hasilnya pada kelas MP 1 yang mewakili Medan untuk berlaga di grand final yaitu Firman Farera dan Ifonanda. Sedangkan MP3 Faisal Reza dan Boby Anasis jadi andalan Medan.

Dua kelas di YCR ini yaitu MP1 dan MP 3 jadi perhatian khusus. Lantaran bila pembalap mampu menjadi juara di grand final YCR bakal berkesempatan berlaga di ajang Asean.

"Kalau menang di Grand Final YCR nanti, mereka berkesempatan bertarung di ajang Yamaha Asean Cup Race, bulan November mendatang di sirkuit Sentul kecil. Makanya manfaatkan kesempatan ini," tutup Ari Wibisono yang juga bakal menggelar Asia Nation di tempat yang sama.

HASIL LOMBA

Bebek 110cc 4-Tak Pemula (MP-5)
1. Hadi Renaldi(59) NAD A2N Speed
2. Boby Anasis(43) Duri, Riau Yamaha Bar Duri
3. M. Irvansyah(80) Medan Yamaha Medan
4. M. Ari Alatas(10) Medan Pertamina Enduro Mac 4XB RT
5. Rahmadsyah(15) Aceh Bushido Carbela

Bebek 125cc 4-Tak Tune Up Pemula (MP-4)
1. Faisal Rezha(57) Pekanbaru Yamaha Sumber Rezeki FDR BAF
2. Boby Anasis(43) Duri, Riau Yamaha Bar Duri
3. Dhany R(54) Medan Yamaha Andra TDR Rextor Ahau
4. Boby Ferianda NAD Yamaha Ten mild Tan's Motor
5. M. Iqbal(69) Pekanbaru HTM Racing Team Pekanbaru

Bebek 110cc 4-Tak Pemula (MP-3)
1. Faisal Rezha(57) Pekanbaru Yamaha Sumber Baru FDR BAF
2. Boby Anasis(43) Pekanbaru Yamaha Bar Duri
3. Dhany R(54) Medan Yamaha Andara TDR Rextor Ahau
4. Ilham S(8) Sabang MJRT Sabang
5. Junius K(5) Medan NAD Medan

Bebek 125cc 4-Tak Tune Up Sedded (MP-2)
1. Firman Farera(57) Medan Yamaha Ten Mild FDR Tan's Motor
2. Ferlando(61) Bengkulu Yamaha BAF IRC Eka Putra Kencana
3. Dri Irfandi(26) Medan Yamaha Andra TDR Rextor FDR Ahau
4. Ifonanda(12) Pekanbaru Yamaha BAF IRC Eka Putra Kencana
5. Yogi Hermana(6) Medan Team Yamaha Medan

Bebek 110cc 4-Tak Tune Up Sedded (MP-1)
1. Ferlando(61) Bengkulu Yamaha BAF IRC Eka Putra Kencana
2. Firman Farera Medan Yamaha Ten Mild FDR Tan's Motor
3. Ifonanda(12) Pekanbaru Yamaha BAF IRC Eka Putra Kencana
4. Yogi Hermana(6) Medan Team Yamaha Medan
5. Teuku Wahyudi(65) NAD Yamaha Sumber Rezeki FDR BAF Jupiter MX

Standar Pemula
1. Zefri Hadi(56) Brastagi NAD Medan
2. Gopu Ramos(100) P. Siantar BTKS Anugrah Motor
3. Hardiansyah (116) Deli Serdang CRT
4. Fahril Adha L (149) Medan Ayam Racing Team
5. M. Irfansyah (80) Medan Team Yamaha Medan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda, karena Komentar Anda dapat memberikan inspirasi bagi kami.