Kamis, 27 Agustus 2009

Utilitas

Akal-akalan Slek
2009-08-21 17:40:59
2822perseneling-dvd.jpgKadang rider tak sadar akan hal-hal kecil. Misalnya gerigi tuas persneling kaki slek karena dimakan usia. Gejalanya kadang tidak kita sadari, saat sedang pindah gigi tiba-tiba tuas persneling tadi ngelos, akibatnya nggak bisa pindah gigi. Kalau kebetulan di gigi satu, ya terus aja di situ atau posisi gigi lainnya. Jelas ini berabe, Bro!

Pas dicek, gigi persneling tadi kendur dan nggak bisa mengigit tuas. Biasanya, penguatnya adalah baut ukuran 10 inci. Pas dikencengin tetap aja nggak mengigit. Hati-hati brother, kalau dipaksakan baut tadi bisa patah di dalam, ini bikin sengsara lagi karena tuas nggak bisa dibuka dan tetap dalam keadaan kendur.

Untuk itu sampeyan mesti antisipasi. Jika riding di tempat ramai atau banyak bengkel, masalah bisa langsung terselesaikan. Tinggal bawa ke bengkel, tuas persneling diganti, beres! Tapi dalam keadaan darurat misalnya lagi turing yang jauh kemana-mana dan malam hari, sampeyan bisa susah sendiri.

Dari berbagai pengalaman peturing ada tips yang layak disimak. “Nggak perlu khawatir apalagi panik, kalem aja, asal brother punya kunci ring 10 dan tang,” jelas Eko Yulianto, mekanik Carburator Springs juga ketua Outsiders Jakarta. Dua alat inilah penyelamat trouble ini.

Buka dulu tuas persneling yang slek tadi dengan kunci ring ukuran 10 dan sobat mencari alat bantu, yakni kabel kopling. ”Gunakan tang, potong sedikit kabel ANDRIkopling yang tidak terpakai. Lantas uraikan kabel tadi hingga menjadi serabut,” jelasnya. Serabut besi tadi berguna untuk memberikan permukaan tak rata pada gigi yang sudah slek. Setelah itu tinggal selipkan serabut ke tuas persneling dan kencangkan lagi tuas tadi.

Untuk sementara tuas akan menggigit dengan baik. Nah, setelah lepas dari kesulitan tadi brother jangan lupa mengganti tuas yang sudah slek di lain waktu.

Tapi bagaimana jika tidak tersedia kabel kopling? Kan enggak mungkin kemana-mana bawa kabel kopling. Namun jangan khawatir atau harap tenang. Bisa diakali dengan diganjal seng atau bekas kaleng minuman ringan. Tapi tentunya tidak sekuat menggunakan kabel kopling.

Begitu roger.. ganti!

Penulis/Foto : Isf@n/David

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda, karena Komentar Anda dapat memberikan inspirasi bagi kami.