Jumat, 04 Juni 2010

Pasang Karbu PE di Scorpio

Cukup Putar Manifold
4647pasang-karbu-adib-1.jpgGanti karbu Keihin PE pada Yamaha Scorpio kerap dilakukan mekanik. Untuk pemaasangan memang agak repot. Karena kalau karbu langsung dipasang ke intake karet bawaan motor bodi karbu bakal mentok dinamo stater.

Solusinya yang banyak diaplikasi akhirnya pasang adaptor atau intake tambahan yang dibuat dari aluminium. Dengan metode ini keuntungannya filter karbu tetap bisa diaplikasi.

"Kalau mau praktis pasang karbu PE sebetulnya bisa saja," ujar Suryo mekanik sekaligus pemilik bengkel Suryo motor di Cipinang, Jakarta Timur. Suryo bilang, caranya cukup sederhana. Yaitu tinggal putar saja posisi dudukan intake standar yang nempel di blok silinder.

Jadi, proses pengerjaanya mudah, lepas dulu dua baut pengikat intake standar menggunakan kunci ring 10. Setelah baut dibuka tinggal lepas intake dari blok. "Hati-hati saat melepasnya jangan sampai o-ring dalam intake rusak," ujar mekanik berkulit gelap ini.4648pasang-karbu-adib-2.jpg

Baru kemudian pasang kembali intake tapi posisinya dibalik. "Sisi bagian bawah intake yang tertulis kode BP5 letaknya pindah ke atas. Nah sebelum pasang dioles dulu pangkal intake pakai sealer" lanjut Soryo lagi.

Posisi intake yang sudah diputar bikin moncong bagian dalam karbu bisa dikunci klem intake. "Lumayan, jaraknya jadi lebih panjang 0,5 cm. Dengan begitu, moncong bagian dalam karbu bisa lebih menempel," yakin Suryo.

Namun konsekuensinya cocok bagi mesin Scorpio open air. Maksudnya kudu pakai filter variasi. Ini lantaran jarak karet klem standar yang mengunci venturi jadi terlalu pendek.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berikan Komentar Anda, karena Komentar Anda dapat memberikan inspirasi bagi kami.